Review Ban FDR XR Sport Evo Pada Yamaha Old Vixion Berdasarkan Pengalaman

FDR

Review ini saya tulis sebagai referensi bagi para reader yang sedang mengalami kebimbangan dalam menentukan pilihan untuk mengganti ban Vixion motor kesayangan. Review ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi, No Copas, dan tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. langsung TKP……

Sekitar 2 tahun yang lalu tiba saatnya vixion saya ganti ban belakang, ban standard bawaan sudah kelihatan botak dan gak nyaman dipakai. Motor ini saya pake tiap hari buat kerja PP kantor Jember, jarak antara rumah-kantor krg lebih sekitar 30KM, so PP sekitar 60 KM. Setelah melalui beberapa pertimbangan saya jatuhkan pilihan pada ban tubles FDR XR Sport Evo 100/80. Agak ragu sih dengan ukuran segitu, kwatir kegedean krn ban standardnya ukuran 90/80.

Ban ini sungguh nyaman dipakai, pada awal-awal pemakaian ban ini terasa empuk dan daya cengkramnya kuat sekali baik pada kondisi basah/kering. Keluhan olengpun pada jalanan yang kurang rata sudah tidak terasa lagi. Pinginnya pelintir gas terus dah pokoknya. Motifnya oke banget, gaul abis. Pokoknya kalo pas berhenti dilampu merah pasti dah saya nyari posisi paling depan (biar tahu mereka sob, kalo aq lagi pake ban baru nih) hehe……

Oke, langsung pada review kelebihan dan kekurangan ban ini yah. Mungkin berguna buat para reader yang lagi nyari referensi buat milih ban yang cucok buat vixinya.

Kelebihan:

  1. Daya cengkramnya kuat, baik pada kondisi basah/kering. buat lurus, belok, maju/mundur, oke punya. hohoiii…..
  2. Modelnya trendy and sporty
    tahan bacok, terhitung sudah tiga kali terkena ranjau paku. bahkan pernah pernah pas pulag kerja kena paku besar hingga tembus dari tapak ban hingga ke bibir velg, tapi masih mampu menunaikan tugasnya ngatar juaragannya sampe ke isatana, hehe… Besoknya baru deh dia di injeksi.
  3. Harga……..? Hmmmm 11/12 lah sama merk IRC, lebih mahal dikit daripada ban standardnya. tapi udah tubles dan ukurannya lebih besar.

Kekurangan:
Berdasarkan pengalaman pribadi kekurangan ban ini menurut saya hanya keawetannya kurang, setelah 4 bln pemakaian gejala oleng terasa kembali ketika melewati jalanan yang kurang rata. pas ritual memandikan si vixi saya liat motifnya sudah terlihat AUS……. “hah…???? perasaan baru kemarin saya ganti ban ini…ckckck…….”
Padahal setau saya ban ini tergolong M/C (Midle Coumpound) /kompon dengan tekstur sedang.
Overall sih puaslah saya make ban ini.

Dan lagi….., Hmmmm…….ukuran 100/80 dengan velg standard bawaan Old Vixion terlihat terlalu kebesaran, terkesan muokso, gak proporsional, alhasil kurang dinamis dan gak nyaman diliatnya. Tapi yang ini mungkin gak masuk kekurangan yah…., hehe….??? (lagian, sapa suruh pilih ukuran segitu)
Nah, kurang lebih begitu berdasar pengalaman ane sob…

Next, si vixion kini sudah ganti ban lagi. tapi pilihan kembali jatuh pada FDR. Genzi Pro (depan 80/80, blakang 90/80). Reviewnya menyusul dalam waktu dekat, InsyaAllah….
ScreenshotnyaDSC_0640

4 pemikiran pada “Review Ban FDR XR Sport Evo Pada Yamaha Old Vixion Berdasarkan Pengalaman”

  1. Tulisannya bagus! ringkas, padat dan informatif.
    sy juga make nih ban, lumayan enak emang buat pemakaian sehari-hari. keluhannya mungkin sama yah, hanya kurang awet.
    skrg sy ganti corsa s123, sdh lima bln pake blm terliat keausannya. tp tidak seempuk fdr rasanya.
    untuk genzi pro nya sy tggu reviewnya mas bro…

    1. trims comentnya bro, rencana sih mau pake corsa juga. tp info temen yah gitu. katanya sih emang awet, tp kurang empuk dan gampan retak.
      review genzinya ditunggu mas bro, sdg di redaksi.

Komentar ditutup.